blognya harimawan

keep the spirit….

Video Biopori


Lubang Biopori Bikinan Ibu-ibu

Rabu, 09 Juli 2008, 22.53 WIB

Sosialisasi terhadap penggunaan lubang biopori terus digalakkan untuk mengatasi masalah banjir yang masih menghantui berbagai daerah di Indonesia. Seperti pelatihan membuat lubang biopori yang dilakukan puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan, di Kementrian Lingkungan Hidup.

Penemu lubang resapan biopori, Kamir R Brata, menyatakan penggunaan metode ini memerlukan dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat agar hasilnya dapat cepat terlihat. Sehingga diperlukan sosialisasi secara terus menerus dan efektif, seperti terhadap ibu-ibu Dharma Wanita.

Hingga saat ini lubang resapan biopori dinilai sebagai salah satu cara yang efektif dalam menanggulangi masalah banjir. Dalam pelatihan tersebut ibu-ibu tidak hanya diberikan penjelasan manfaatnya tetapi juga dengan langsung mempraktekkannya. Ibu Yayuk Karim, salah satu peserta mengaku pelatihan tersebut sangat bermanfaat dan perlu lebih disosialisasikan.

Tips Membuat Lubang Resapan Biopori

Minggu, 17 Pebruari 2008, 11.40 WIB

Buat lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diamter 10 cm. Kedalaman kurang lebih 100 cm atau tidak sampai melampaui muka air tanah bila air tanahnya dangkal. Jarak antar lubang antara 50 – 100 cm

Mulut lubang dapat diperkuat dengan semen selebar 2 – 3 cm dengan tebal 2 cm disekeliling mulut lubang. Isi lubang dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa tanaman, dedaunan, atau pangkasan rumput.

Sampah organik perlu selalu ditambahkan ke dalam lubang yang isinya sudah berkurang dan menyusut akibat proses pelapukan.. Kompos yang terbentuk dalam lubang dapat diambil pada setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan lubang resapan.


sumber http://tv.kompas.com

8 Agustus 2008 - Posted by | lingkungan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: