blognya harimawan

keep the spirit….

Toni Blank Show (2)


Temen-temen, …. masih ingat cerita saya tentang Toni Blank?

Setelah sekian lama dijadwalkan untuk mengunjungi dia, baru tanggal 29 Desember 2013 terlaksana. Bersama teman-teman SD, (saya sendiri mengajak istri dan anak-anak saya)…. sampailah kami di lokasi yang kami tuju, yaitu salah satu Panti Sosial/Panti Karya di kawasan Karangkajen Yogyakarta.

Mergangsan-20131229-03143

Setelah ngobrol sebentar dengan teman-teman disana, baru saya ‘ngeh’, bahwa sudah sekitar 3 tahun ini Toni tidak tinggal lagi di panti ini, tetapi ‘diambil’ teman-teman X-Code untuk tinggal bersama mereka di studio yang letaknya tepat di depan panti ini.

Kami disambut oleh Toni dan teman-teman X-Code yang saat itu sedang tidak ada aktifitas (kayaknya……xixixi).

Saat Toni menyapa dan bersalaman dengan kami, tampaknya dia masih mengenal sebagian dari kami. Maklumlah, sudah 28 tahun tidak berjumpa. Apalagi dengan saya…..sempat lupa…

Satu persatu dari kami mengajak dia ngobrol…..dan sering kami dibuat bingung dengan jawabannya…. tapi ya memang seperti itulah Toni Blank. Sampai pada saat giliran saya mengajak dia ngobrol…..saya coba tanyakan kepadanya….. siapa temen SD yang masih diingatnya …spontan dia menjawab “Father Rilianto” dan “Father Wendi”.

Yup, imajinasi saya langsung terlempar ke masa 28 tahun yang lalu. Memang 2 orang teman kita itu cukup akrab dengan Toni, jadi kalau mereka yang disebut pertama…..wajarlah…… Btw, saya coba tanyakan lagi beberapa teman yang lain ….. Dia sempet sebut … Imelda….. Untuk guru….dia sempat menyebut nama Kepala Sekolah kami.. Bapak Sarwoko….. Wah ternyata dia masih ingat…

Akhirnya aku coba perlihatkan foto-foto waktu SD dulu (foto wisuda yang memuat semua murid dan guru kami saat itu).

Mergangsan-20131229-03128-1

Dia sebut satu-persatu nama guru dan teman-teman SD, hampir semuanya dapat dijawab dengan baik. Meski ada beberapa yang dia lupa….(maklumlah…. kita aja juga sering lupa) tapi menurut saya itu sudah sangat bagus. Bahkan ada satu dua yang dia sebut dengan nama belakangnya……(wah kita aja kadang malah udah lupa….)

Sudah ngalor ngidul kita ngobrol (kadang dalam arti yang sebenarnya), gantian Jeng Tutik mencoba menyapanya. Tak lupa dengan sedikit narsis dia minta difoto dengan sang Saparatoz…….xixixi…..

Mergangsan-20131229-03130

Saat teman-teman yang lain sedang ngobrol bareng Toni, saya sempatkan untuk cari-cari informasi dari om Harwan Panuju yang menjadi ‘dalang’ dari Toni Blank Show.

Harwan Aconk Panuju dan Toniblank

om Harwan yang sangat ramah ini banyak banget menceritakan tentang Toni. Kondisi saat-saat Toni masih di panti, saat awal diajak tinggal di studio X-Code, diajari membersihkan diri, saat dikunjungi oleh keluarganya, dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak cerita itu, yang paling berkesan dalam benak saya adalah…..adanya kebersamaan diantara mereka…. yang tidak membeda-bedakan Toni dengan yang lain…..atau lebih ekstrimnya….lebih ‘nguwongke’ Toni. Tidak ada diantara mereka yang merupakan saudara Toni, tapi sikap-sikap mereka lebih menunjukkan bahwa mereka lebih dari sekedar saudara buat Toni.

Di lain waktu akan saya coba tulis hasil obrolan saya dengan om Harwan. Mudah-mudahan ada waktu yang memungkinkan saya untuk menulisnya😀

Setelah ngobrol, kami sempat ditunjukkan “barang-barang” milik Toni, entah itu apa yang dia sebvut sebagai senjata rakitan, atau alat canggih dari NASA……ah gak taulah…… Tapi yang saya tahu, Toni sangat suka membaca, khususnya yang terkait pesawat, atau senjata, atau sejenisnyalah…….So nanti kalau ada kesempatan mengunjungi dia lagi jangan lupa bawa buku bacaan buat dia……

20131229_175116

Diakhir kunjungan, saya sempat ‘didapuk’ untuk memberikan testimoni kunjungan mewakili teman-teman SDnya…. Wah tadinya saya nggak mau….saya susah banget ngomong formil gitu…..tapi karena terpaksa ya gitulah….saya ngobrol sana-sini nggak tentu arah…..dan sepertinya malah lebih parah dari Toni Blank…. (moga-moga om Harwan bisa paham maksud saya…..ntah diedit kek… atau di delete aja……hehehe….)

Mergangsan-20131229-03138

Akhir kata, saya sampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada semua teman-teman alumni SD Ungaran 1, yang merupakan teman seangkatan Toni, yang telah memberikan perhatian yang besar kepada Toni, baik berupa sumbangan doa, sumbangan material, perhatian, dan meluangkan waktunya mengunjungi Toni. Semoga kebersamaan ini akan senantiasa terjaga. Tak lupa juga ucapan terimakasih kepada om Harwan dan rekan-rekan X-Code Films yang sampai detik ini masih dengan ketulusan merawat Toni. Mudah-mudahan akan diberikan pahala sebesar-besarnya dari Allah…. Aamiin….

20131229_173039

Salam Saparatoz……

5 Komentar »

  1. Great ,,
    I proud of my you, friends ,, let us continue this sacred mission in the name of our friendship ,, ^^

    Komentar oleh Mayu | 24 Juni 2014 | Balas

    • Maturnuwun sudah mampir disini……..🙂

      Komentar oleh harimawan | 25 Juni 2014 | Balas

  2. Boleh saya juga untuk berkunjung menemui Mas Toni? Bisa saya dapatkan alamatnya? Kebetulan saat ini saya sedang di Jogja..

    Stefanus Dimas
    08819382202

    Komentar oleh Stefanus dimas | 7 November 2015 | Balas

    • Silakan mengunjungi mas Toni. Biasanya dia bisa dikunjungi sore hari setelah jam-jam 3an. Di studio X-Code di depan Panti Sosial Karangkajen.

      Komentar oleh harimawan | 7 November 2015 | Balas

      • Alhamdulillah…. Uncle Tony masi sehat…
        Gk bikin Vidio lg Om….
        Miss uncle

        Komentar oleh ndy | 31 Maret 2016


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: